Pages

Sabtu, 07 Desember 2013

PELATIHAN PENGECORAN DENGAN SOFTWARE DI IST AKPRIND


Departemen Teknik Metalurgi Universitas Indonesia bersama Kementerian Perindustrian bekerjasama dengan Institut Sains dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta menyelenggarakan workshop serta pelatihan Capacity Buildingsimulasi pengecoran menggunakan perangkat lunak (Software) Z-Cast. Workshop dan pelatihan diselenggarakan 11-13 November 2013 di IST AKPRIND Yogyakarta.
Kegiatan workshop serta pelatihan simulasi pengecoran menggunakan perangkat software Z-Cast tersebut didukung penuh oleh Korea Indonesia Casting Center (KICC), Politeknik Manufaktur Ceper serta Korea Institute of Industrial Technology (KITECH).
Workshop dan pelatihan tersebut dibuka oleh Staf Ahli Bidang Sumber Daya Industri dan Teknologi Kementerian Perindustrian Dyah Winarni Poedjiwati. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa pengecoran logam saat ini dapat dilakukan secara lebih detail terutama untuk pengecoran dalam ukuran kecil atau ukuran yang sangat besar. Dengan menggunakan software, pekerjaan pengecoran dapat disimulasikan terlebih dahulu sehingga dapat mengurangi kesalahan pengecoran serta rugi produksi. Selain dari Kementerian Perindustrian, hadir pula Direktur Kementerian Perindustrian RI, Bapak Ir.Teddy.C.Sianturi,MA yang memberikan materi Pengembangan dan Pembinaan Industri Alat Berat Nasional. Kegiatan yang rencananya akan berlangsung selama tiga hari tersebut melibatkan pelaku usaha pengecoran logam sjkala kecil dan menengah yang ada di Yogyakarta dan sekitarnya. Selain menghadirkan pemateri dari kementerian perindustrian, pelatihan tersebut juga mengundang Kepala Departemen Metalurgi dan Material  Prof.Dr.-Ing.Bambang Suharno dengan materi Peran KICC Casting Design Center UI dalam pemberdayaan teknologi untuk industri pengecoran serta Bapak R Widodo M.T, yang membicarakan tentang profil industri kecil dan menegah pengecoran logam ceper dan pengembangannya. ementara dari KITECH antara lain Dr, Hwang Ho Young, (CAE Technology on CAsting Process), Dr. Kwak Si Young, (Thermal stress/deformationin casting process) serta Dr. Kim Jong Tae, (Heat treatment simulation on low alloy steelcasting)(tdj)