Pages

Sabtu, 07 Desember 2013

MATARAM PROTO IST AKPRIND SIAP BERSAING DI IEMC 2013


Tim Mesin AKPRIND 1 dengan kendaraan Mataram Proto dari jurusan teknik mesin IST AKPRIND siap bertanding di Park Sirkuit Kenjeran, Surabaya, Indonesia pada 14 - 17 November 2013 untuk bersaing di ajang Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC) 2013. Di even tersebut tim mesin AKPRIND 1 akan bersaing dengan lebih dari 50 tim yang berasal dari perguruan tinggi seluruh se-Indonesia.
IEMC merupakan sebuah kompetisi di kalangan mahasiswa untuk membuat kendaraan  berbahan bakar irit tingkat nasional, dimana peserta akan mendesain dan membuat kendaraan masa depan yang hemat energi kemudian melombakan kendaraan buatan mahasiswa tersebut dalam sebuah format kompetisi nasional antar perguruan tinggi di Indonesia.Target peserta acara ini adalah mahasiswa perguruan tinggi di Indonesia.

Pada tahun 2013 akan dilombakan dua kategori mobil, yaitu kategori Urban Concept dengan kelas bensin, solar danlistrik; sertakategori Prototype dengan kelas bensin, solar an listrik. Dalam kompetisi ini para mahasiswa ditantang untuk mendesain, embuat dan melombakan kendaraan mereka dengan peserta dari tim lain. Kendaraan yang paling irit menggunakan bahan bakar akan menjadi pemenangnya. Selain itu dalam kompetisi ini, terdapat dua kategori kendaraan secara umum, yaitu kendaraan prototype dankendaraan urban concept.
Menurut manajer Ali Fikri Manfalathy yang didampingi oleh pembimbing tim Ir.Hary Wibowo,M.T, Mataram Proto adalah kendaraan prototipe dengan 3 roda dan hanya dapat memuat satu orang yaitu pengemudi kendaraan itu sendiri. Konsep.Kendaraan ini memiliki bentuk yang angat aerodinamis dan menggunakan motor bakar sebagai penggerak yang memiliki efisiensi tinggi dengan target 1 liter bahan bakar untuk menempuh jarak sejauh 1700 km. Mataram ini menggunakan bahan bakar bensin.
Susunan Tim Mesin AKPRIND 1 sebagai berikut :
Pembimbing : Ir. Hary Wibowo, M.T.,  Manajer  : Ali FikriManfalathy, Non Teknis : Seto Ario Dewonggo, Desainer dan Body  : Apri Rahmadi, Chassis dan Sistem : Hail Azwir, Engine dan Mekanik: M. Agus Setiawan serta Pengemudi  : Mirza Riga Ahmadi dan Julianto
Sumber : akprind.ac.id