Pages

Sabtu, 07 Desember 2013

Pertamina Mengajar Di IST AKPRIND Yogyakarta

Institut Sains & Teknologi (IST) AKPRIND Yogyakarta dipercaya oleh PT Pertamina Retail, sebuah anak perusahaan milik Pertamina untuk menyelenggarakan kegiatan PERTAMINA MENGAJAR. Kegiatan tersebut digelar dalam rangka menyambut HUT ke-56 Pertamina yang jatuh pada tanggal 10 Desember 2013 nanti.  PT Pertamina (Persero) mencanangkan kegiatan 'Pertamina Mengajar' di sejumlah Perguruan Tinggi, dengan tema utama 'Ayo Indonesia Mendunia'.
Kegiatan Pertamina Mengajar di Institut Sains dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta, Senin (25/11), diikuti lebih dari 300 peserta. Hadir pada kesempatan itu Direktur Utama PT Pertamina Retail,  Ir. Toharso yang juga alumnus IST AKPRIND angkatan 1981. "Kami dari Pertamina ingin memberikan motivasi dan inspirasi kepada anak-anak muda untuk terus
berprestasi di kancah   internasional atau dunia," ujar Toharso didampingi Rektor IST AKPRIND Dr Ir Sudarsono MT.  Menurut Sudarsono, IST AKPRIND menjadi salah satu dari tiga Perguruan Tinggi yang terpilih dalam Program Pertamina Mengajar oleh PT. Pertamina Retail. "Generasi muda harus berani bersaing di dunia. Mahasiswa diharapkan tidak hanya berhasil dengan IPK yang tinggi, tetapi harus mampu mengembangkan soft skill dan leadership agar mampu menjadi pemimpin yang baik," tandas Toharso.
Diungkapkan, Indonesia sebenarnya merupakan penghasil energi yang besar, namun sumber daya itu masih dikuasai asing.  contohnya perkebunan kelapa sawit di Kalimantan dan Sumatera, justru banyak yang dikuasai pengusaha dari Malaysia. Toharso mengingatkan pula, mahasiswa IST Akprind tidak boleh berkecil hati dan rendah diri. Sebab selama ini telah terbukti bisa dan mampu bersaing dengan Perguruan Tinggi lain. Antara lain dengan diraihnya Peringkat 4 Lomba Kendaraan Hemat Bahan Bakar pada Indonesia Energy Marathon Challenge (IEMC) 2013 di Surabaya beberapa waktu lalu. "Selain itu, banyak juga alumni yang berhasil berkembang di perusahaan minyak, selain saya ada Ir H. Sugeng Riyadi MM (Direktur Operasi Pertamina Drilling Services Indonesia), Ir Afrinal yang bekerja di perusahaan minyak Halliburton Amerika dan sebagainya," paparnya. (tdj/hs(kr))