Pages

Selasa, 31 Maret 2015

IST AKPRIND 1 JUARA III KEJUARAAN ASIA

IST AKPRIND 1 JUARA III KEJUARAAN ASIA

Printer-friendly versionPrinter-friendly versionSend by emailSend by emailPDF versionPDF version
Tim IST AKPRIND 1 dengan mobil Kalisahak 28 mampu meraih peringkat ketiga dalam ajang  Shell Eco-Marathon Asia 2015 yang digelar di Manila, Filipina dari 26 Februari hingga 1 Maret yang lalu. Kedatangan rombongan tim ini disambut oleh Rektor IST AKPRIND Yogyakarta, Dr. Ir. Sudarsono, M.T beserta para Wakil Rektor, dosen dan mahasiswa di Kampus I IST AKPRIND, Selasa (3/3). Mobil Kalisahak 28 menduduki peringkat ketiga kategori Urban Concept Shell FuelSave, setelah mampu menempuh jarak 89 Km dengan 1 liter bahan bakar ethanol. Peringkat 1 pada kategori ini berhasil direbut tim Vietnam.
Rektor IST AKPRIND mengaku sangat gembira dengan hasil yang dibawa pulang dari Philipina tersebut. Karena selain mampu membawa nama IST AKPRIND di kancah Asia, juga mampu mengharumkan nama Indonesia. Hal ini sesuai dengan visi IST AKPRIND sebagai perguruan tinggi yang favorit dan unggul dibidang sain dan Teknologi, ungkapnya. Indonesia mampu memborong 6 gelar pada even ini dan salah satunya dari IST AKPRIND. Yang lebih membanggakan lagi IST AKPRIND merupakan satu-satunya perguruan tinggi swasta dari Indonesia yang mampu meraih gelar.
Sementara menurut Manajer Tim IST AKPRIND 1, Muslim yang didampingi dosen pembimbing Ir. Harry Wibowo, M.T dan seluruh anggota tim mengungkapkan rasa syukurnya dengan raihan gelar ini. Muslim menilai bahwa penampilan timnya sebenarnya masih kurang memuaskan. Bahkan jarak yang berhasil ditempuh masih jauh dari yang ditargetkan. Target yang dicanangkan tim ini adalah 200 km untuk setiap liter bahan bakar.  Akan tetapi hal tersebut tidak mengurangi rasa bahagia yang terpancar dari tim ini.Tim IST AKPRIND diperkuat oleh 7 mahasiswa teknik mesin angkatan 2012 yaitu, Muslim, Apri Rahmadi, Hedi Priyatno, M.Arifin, Yasrul Saefullah dan Herriadi Agung serta seorang mahasiswa angkatan 2014, DS. Bimantara. Selain diperkuat 3 mahasiswa sebagai tim support Gumawang Setya, Eric Kurniawan dan Priyo Santosa.
Shell Eco-Marathon Asia 2015 akan diikuti oleh 147 tim mahasiswa dari 18 negara dari Asia Pasifik, Timur Tengah, dan Afrika. Sebanyak 24 tim mahasiswa dari 18 perguruan tinggi dan 11 kota dari seluruh Indonesia akan bertanding menembus sirkuit jalan raya di Luneta Park, Manila Philipina dengan kategori kendaraan “Prototype” dengan desain futuristik dan “UrbanConcept” yang dirancang menyerupai kendaraan konvensional roda empat. (tdj)

Sumber:www.akprind.ac.id/berita